Joko Kobar, Joko Rosok, Joko Gandu, Joko Jolodot, Joko Bibit, Joko Sutopo Dalam perspektif Entoelkeong (2. Joko Rosok)


Kernet !! itulah yang ada dibenak saya saat pertama kali bertemu dengan pria satu ini. Saya baru kenal setahun yang lalu pas mudik lebaran, tepatnya di angkringan Nggandu periode pertama ( yanto hik, sebelum angkringan Nggandu skg ). Tapi jangan salah, jauh sebelum saat itu namanya sudah sering kudengar. Dan yang membuat kaget adalah si empunya nama tanpa di nyana muncul didepan mata justru pada saat poro entoelkeong tengah asyik diskusi keagamaan di angkringan. Batin saya waktu itu, itu orang yang disebelahnya Nonot kok diem aja dari tadi, dan sejak kapan Nonot ke angkringan bawa bawa orang.., apalagi kayak kernet begini.. wuakakakak ternyata aku salah besar. Ternyata mataku masih mudah tertipu. Ternyata orang yang kuduga kernet adalah bos besar dengan  kumisnya yang khas kayak semut baris..!



Nama aslinya saya tidak tau. Dan orangnya pun tak memberitahu nama aslinya, dan sengaja saya tidak cari tau, karena memang saya nggak mau tau, mengingat sekarang banyak orang yang gayanya kayak tau-tauo. Meskipun demikian, nama Joko Rosok sebenarnya sudah cukup pas jika yang kalian lihat adalah tampangnya doank. Wkwkwkwkwk.. Lihat, Rosok itu bila bacanya dibalik jadinya Kosor. So, bila digabung jadinya Ki Joko Kosor. Tambah serem kan? Sebab yang ada dalam benak saya, konstruksi tubuhnya terdiri dari otot kawat, balung wesi, tulang tembogo, sikut pethel, manukke ceret, nek nguyuh metune kopi !!! Namun jika kalian melihatnya lagi dengan lebih teliti, banyak hal yang bolehlah kita itu kudu matur nuwun kepadanya, karena betapa sering dia itu mentraktir makan dan minum kita serta rokok dan transportasi kita. Bahkan kalo kamu itu doyan bawuk, dia siap mendanai dan membelikan mu meskipun bawuk yang kau pilih itu sudah kapalen atau ngulit. Toh sing ngrasakne yo kowe dewe.

Joko Rosok adalah bos besar perusahaan dalam bidang rosokan, omzetnya sekarang sudah jutaan dolar. Rumahnya di Kaloran, kalo ngaji di bantul, Jogja. Kalo makan di angkringan nggandu, dan kalo mau buang hajat pastinya ya ke WC, mosok yo arep neng kantor pos. Dia sekarang bergaul dengan komunitas entoelkeong bersama kiai Kasan dan al mukarom sayidina wa maulana Anis David Carnegie .

Dalam pergaulannya kali ini bos Joko mempunyai tujuan batin yaitu sambil guyup dengan teman, juga bareng-bareng mengkaji ilmu-ilmu keislaman dan hikmah-hikmah kehidupan. Juga dia tak pernah absen dalam setiap pengajian Kiaikanjeng bersama Emha di Jogjakarta. Bersama mbah kasan  dia bareng bareng bahu membahu mengkordinasi acara mangkat pengajian bareng-bareng. Dan tanpa ragu bos Joko selalu mensponsori teman-teman tanpa diminta. Metal tapi hobi diskusi dan pengajian..dan itu lebih saya sukai daripada muka potongan nasyid, tapi ngacengan disana-sini kenthu sana-sini. Itupun tidak dengan orang lagi…!

Ayyo bos Joko, bareng bareng  berubah, noto ati ben sumeleh,  tentrem, bantu binantu lan urip sak podho. Ayo ngasu kaweruh terus ( skg istilahnya Ngasu, dan bukan Ngangsu, dah diganti sama pak Amir AEC ), ojo putus asa, kabeh konco mendukungmu slalu..

Ingat bos Joko, adapun orang kaya dan orang miskin, jika sama-sama masuk sorga, maka yang miskin akan didahulukan masuk sorga, baru 500 tahun kemudian yang kaya akan dipersilahkan masuk sorga. Walaaaaaah..menghabiskan uumur 60 tahun aja lamannya kayak gini, apalagi menghabiskan 500 tahun demi menunggu dan menggapai betis bidadari yang sliwar-sliwer didepan mata kita…..sementara si miskin sudah nggendal-nggendul didalam sana.. cleguk..cleguk… nggak kuaaattttt…..

Bos Joko,, Semoga dirimu mendampingi Kobar masuk  sorga. Hanya sayangnya  di sorga tidak ada barang  rongsokan…. Selalu barang  baru bos Joko !!! wkwkwkwkwkwkwk
Amiiiiinnn….1000x.

( Ikuti serial Joko-joko entoelkeong selanjutnya, gud luck )


0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.