Menjelang Sholat Ied, Aku rindu semua dan Beduk masjid Nglangak

oleh Kanjeng Machrus pada 19 Agustus 2012 pukul 15:57 


Baru saja aku selesai sholat subuh, dua jam lagi sholat ied, tiba-tiba muncul rasa kangen luar biasa terhadap kampung halaman, terhadap masjid nglangak, kangen nabuh beduk pasca sholat ied, kangen mbah bulqien, kangen teman-teman masa kecil dan kangen dia yang tak terlupakan.

Ada yang hilang.. ternyata ramadlan sangatlah indah.. ternyata islam itu indah..dan Allah maha indah. ingin rasanya memeluk ayah dan ibu dengan erat,  serta menghaturkan maaf yang amat dalam..tetapi jarak menahan semua itu..

biasanya kuhampiri keluarga Kasan untuk bersama ke masjid dan sholat ied, kemudian ngrokok bersama..
biasanya ketemu dengan nonot, lilik, nana, mas didik, pak anis, tribowo, njepun, Kobar dan mbah dukun kemudian cerita ini dan itu...
biasanya reriungan dengan joko gandu, rozak, noglik, kenthus dan atenk serta menghabiskan waktu bersama...
biasanya menemui teman-teman madrasah tuk melepas rindu dan kangen...
biasanya menemui guru-guru tuk menghaturkan bakti abadi dan memberikan penghormatan..
biasanya bercanda ria dengan anggota keluarga yang asyik dan hangat...
biasanya ke sarean si mbah almarhum, berdoa dan mengingat "sangu" darinya selama ini...
biasanya kucium bau khas sorban bapak yang tiada duanya...
biasanya menemui tamu-tamu yang tiada henti datang....
biasanya ketemu teman-teman kwangen yang bersahaya..
biasanya ketemu teman-teman djokja yang penuh cerita...
biasanya kutemui orang-orang pinggiran yang selama ini tersisih tuk mensyukuri hidup...



ramadlan telah pergi... syetan berhamburan lagi... tetapi Allah selalu ada untuk yang bersungguh sungguh..
tetapi genderang perang dimulai.. syetan telah gembira lepas dari belenggu...dan siap menghampiri kita...

tiada lagi tarawih..tiada lagi ndarus.. tiada lagi puasa..
kesombongan akan berkobar lagi...
riya' dan pamer berhamburan disegala tempat..
nafsu-nafsu bertebaran tanpa kendali...
tak ada lagi bekas lailatul qadar...

Maafkan aku ya Allah..
Maafkan aku wahai Rasulullah..
Maafkan aku wahai mbah bulqien..
Maafkan aku wahai bapak dan ibu...
Maafkan aku saudara-saudaraku...
Maafkan aku hai kekasihku....
Maafkan aku hai teman-temanku...

ingin rasanya aku pulang...
ingin kutemui teman-teman baru, spt bos joko yang asyik dan menyegarkan..
ingin rasanya nabuh beduk lagi bersama zainul..
tetapi munir masih tidur..
tetapi pepi masih tidur..
tetapi kucingku masih menyusui..

dan setan-setan sudah berlari kesana-kemari lagi..
Allahuakbar..Allahuakbar.. Walillahilhamdu..
akhirnya aku ke masjid sendirian...
hu...hu...hu....


0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.